Nike Just do it , BMW The Ultimate Driving Machine , Aplle Think Different . Yah .. itulah sebagain tagline di beberapa perusahaan besar untuk lebih mempertajam brand position mereka di pasar . Tagline tak ubahnya sebuah janji yang akan di berikan kepada customer contohnya BMW dengan tagline" The Ultimate Driving Machine " dengan tagline tersebut BMW secara tidak langsung akan menjanjikan kepada customernya pengalaman yang sangat berbeda ketika anda mengendarai BMW dan BMW pun berhasil menerapkan Tagline tersebut terhadap produknya sehingga calon pembeli mobil yang menginginkan pengalaman berbeda dalam mengendarai mobil mereka akan memilih BMW .
Bagaimana langkah membuat tagline kita akan bahas di sini .
1. KENALI PRODUK /JASA ANDA .
Cobalah untuk membuat pertanyaan pertanyaan berikut ,Apa yang menjadi kekuatan atau kelebihan produk anda ? Apakah itu akan menjawab kebutuhan target perusahaan anda ? apa keunguulan brand anda di bandingkan dengan kompetitor ?
2. KENALI INSIGHT PASAR ANDA .
Pertanyaan harus kita gali dalam mengenali insight Pasar anda .Apa yang menjadi keinginan customer anda ? Apakah nilai yang tertanam dalam customer anda tentang produk/ jasa anda ? Bagaiman memposisikan produk anda secara komunikatif terhadap customer anda ? apa yang di anggap baik tentang produk / jasa anda menurut customer anda ?
3. RANCANG STRATEGI BESAR DAN TAKTIK KOMUNIKASI BRAND TAGLINE ANDA .
Tagline hanyalah sebagian komunikasi dari brand anda tanpa adanya sebuah strategi yang mendukung jelas tidak akan relevan dengan apa yang akan anda harapkan contoh strategi komunikasi tagline untuk mendukung brand ,Ada sebuah perusahaan delivery pizza yang membuat sebuah tagline “ 30 minutes or free “ ketika pertama kali tagline tersebut di buat pada minggu pertama mereka membarengi dengan strategi 50 % pesana pizza harus datang terlambat 2 menit ketika di terima oleh si pemesan maka pizza tersebut di berikan secara Cuma Cuma. Dengan dilakukannya hal tersebut maka secara tidak langsung tertanam di benak customer bahwa perusahaan pitzza tersebut benar benar menerapkan tagline tersebut .
4. KAMPANYEKAN TAGLINE ANDA .
Seperti saya bahas di atas Tagline adalah sebuah janji jika pelanggan atau customer tidak tau akan janji anda bagai mana dia akan mengenali produk / Jasa anda . saya akan memberikan sebuah contoh masih tetap pada sebuah perusahaan delivery pizza yang membuat sebuah tagline “ 30 Minutes or Free “ tag line tersebut tertulis besar di jacket para pegawainya dan ketika di tempat umum pada waktu mengantarkan pizza mereka berlari seolah terburu buru itu merupakan salah satu cara untuk mengkapanyekan tagline bahwa ketika mereka lapar dan ingin makan pizza secara cepat mereka akan memesan pizza tersebut . Mengkapanyekan tagline harus benar benar di rancang kapan waktunya dan melalui media apa dan harus di komunikan dengan baik baik di internal perusahaan maupun external perusahaan .
Sesudah anda merancang dan melakukan hal tersebut mulailah anda melakukan pendekatan pendekatan dalam membuat slogan Tagline anda :
Sebuah tagline harus
1. Bersifat kalimat seru atau sebuah kalimat ajakan untuk merasakan pengalaman berbeda pada produk / jasa anda .
2. Menggambarkan produk / Jasa yang anda harapkan.
3. Menempatkan Brand anda pada posisi teratas.
4. Pemikiran yang menantang bagi customer / pasar anda.
Dari yang sudah saya bahas di atas mulailah mencoba untuk membuat sebuah tagline bagi bisnis anda apa salahnya membuat tagline yang sesuai dengan produk / jasa anda untuk memperkuat brand perusahaan anda pada khalayak .selamat mencba.
Jabat erat
ARY WIDIANTO









1 komentar:
Tag line yang easy listening dan easy saying akan membuat brand image semakin popular..
Salam
Bang Elmu
Berbagi Cara Menghasilkan Uang dari Internet
Posting Komentar